Halo semua.

Kali ini kita akan membahas soal slide master. Slide master adalah cara yang disediakan pada MS PowerpPoint yang dirancang untuk memudahkan kita dalam membuat custom slide atau slide dengan desain sendiri. Mulai dari desain background hingga ukuran font dapat kita atur menggunakan slide master. Sehingga dengan adanya slide master ini, desain slide presentasi yang kita buat menjadi lebih konsisten, tertata dan seragam pada setiap slidenya. Dengan begitu slide master ini cocok bagi kita  yang menghendaki desain slide Power Point yang unik yang sesuai dengan brand sendiri.

Keuntungan menggunakan slide master:

  • Desain slide bisa dicustom/sesuai kebutuhan
  • Desain slide sesuai dengan brand/merk sendiri
  • Konsisten pada setiap slide dari sisi warna/layout./ukuran huruf dll
  • Membuat slide menjadi lebih mudah

Let’s get start

Sebagai latihan, kita akan membuat slide master untuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kenapa UMY? karena saya alumini UMY :D. Download image berikut:

 

umy--template-ppt

Gambar 1

umy-template-ppt2

Gambar 2

umy-template-ppt3

Gambar 3

 

Pertama buka aplikasi Powerpoint pada komputer.

Pada ribbon, buka menu View, lalu pilih Slide Master pada grup Master Views, Perhatikan tampilan Slide Master di bawah ini

Perhatikan pada bagian bar sebelah kiri, terdapat berbagai pilihan layout yang dapat kita atur desainnya sedemikian rupa. Penjelasan masing-masing layout adalah sebagai berikut:

1. Slide Master

Slide master adalah slide secara general. Semua pengaturan pada slide master ini akan diturunkan pada layout-layout lainnya mulai dari background, hingga font.

Memberi background pada slide master

Caranya adalah dengan mengklik kanan pada slide kemudian pilih Format Background > Picture or texture fill > insert from: lalu beri background menggunakan gambar 1. Perhatikan bahwa semua background pada layout yang lain ikut menyesuaikan background pada slide master.

Mengatur font pada slide master

Atur font pada slide master sesuai dengan keinginan. Atur font pada title dan text styles.

2. Title Layout

Title layout adalah cover/halaman depan dari slide. Kita dapat menambahkan background tersendiri untuk layout ini. lakukan cara yang sama sebagaimana di atas lalu beri gambar 2 sebagai background. Lalu atur title dan sub title sesuai kebutuhan. Perhatikan gambar di bawah, title dan sub title saya geser ke sebelah kanan dan saya sesuaikan letak dan warnanya.

3. Section Header layout

Section header layout adalah layout yang dapat kita gunakan pada awal section/bab. Atur background pada layout ini menggunakan gambar no 3 kemudian atur tulisan sedemikian rupa.

Menyimpan Slide Master

Setelah semua fix, simpan slide master dengan cara mengklik Themes > Save current theme > rename sesuai keinginan. Jika berhasil, maka theme yang kita buat berada pada menu Design.

Gampang, bukan? Selamat mencoba 😉