Halo, masih dengan tips membuat presentasi dengan Powerpoint. Kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips Powerpoint yang saya tujukan untuk pemula. Saya coba bagi ke dalam beberapa sub bahasan agar lebih mudah dipahami, ya.

Oke, langsung saja.

A. Konten yang akan dipresentasikan

Konten merupakan sesuatu yang akan Anda sampaikan kepada audiens. Konten yang berkualitas akan memengaruhi mutu presentasi Anda. Untuk memutuskan konten apa saja yang akan disertakan pada slide presentasi Anda, perhatikan hal-hal berikut ini:

#1 Durasi Anda bicara

Berapa waktu yang diberikan kepada Anda untuk melakukan presentasi? 5 menit, 10 menit, 15 menit? Durasi yang Anda miliki berkaitan erat dengan jumlah slide yang akan  dibawakan. Tentu saja semakin lama durasi yang diberikan, semakin banyak materi dan slide yang bisa kita bawakan.

Kita asumsikan durasinya 10 menit, maka perkirakan waktunya agar materi yang disampaikan bisa tuntas. Bagi setiap pokok bahasan dalam skala menit. Tapi bukan berarti harus kaku, setiap materi slide dibahas 1 menit ya. Fleksibel saja, tergantung kedalaman materi yang disampaikan.

#2 Jumlah slide

Jumlah slide yang Anda bawakan dapat disesuaikan dengan banyaknya jumlah materi. Terlalu banyak buruk, terlalu sedikit juga kurang tuntas. Berdasarkan aturan 10-20-30 untuk PowerPoint, idealnya slide yang dibawakan pada sebuah presentasi adalah 10 slide dengan maksimum durasi 20 menit.

#3 Tampilkan poin-poinnya saja, jangan kebanyakan teks

Anda tidak perlu memasukkan semua teks pada slide presentasi Anda, Cukup masukkan poin pentingnya saja, selebihnya Anda yang berbicara menjelaskan.

Jangan biarkan audiens membaca sendiri penjelasan Anda karena telah ditampilkan semuanya pada slide.

Tips Powerpoint

Slide yang terlalu banyak teks. Enak dilihat? – Sumber:

B. Tampilan Slide Presentasi

Tampilan/desain slide presentasi juga memegang peranan yang cukup vital -setelah konten- pada presentasi Anda. Untuk itu Anda harus memperhatikannya.

#1 Desain Template

Powerpoint telah menyediakan template dengan desain yang cukup bagus. Gunakan template yang ada tersebut jika Anda tidak memiliki kemampuan desain gafis yang memadai.

Template telah dibuat sedemikian rupa oleh perancangnya agar slide presentasi yang Anda buat tampil menarik. Dengan menggunaan template, Anda akan terhindari dari beberapa kesalahan seperti;

  • kontras warna tulisan dan background yang rendah
  • pemilihan kombinasi warna yang kurang pas
  • layout yang buruk
  • pemilihan jenis huruf yang tidak pas

Powerpoint 2016 menyediakan lebih banyak pilihan template, jadi tinggal dimanfaatkan saja.

Tips POwerpoint untuk Pemula

Slide Powerpoint yang menggunakan template

Tips POwerpoint untuk Pemula

Slide Powerpoint yang tidak menggunakan template

#2 Proporsi

Saat mengubah baik memperbesar atau memperkecil gambar, perhatikan proporsinya. Pastikan yang digeser adalah titik-titik yang berada pada sudut gambar, bukan di bagian atas atau bawah gambar. Kalau salah klik, bisa-bisa foto orang yang langsing jadi gemuk, dan yang gemuk jadi langsing. 😀

Tips POwerpoint untuk Pemula

 

#3 Animasi

Gunakan animasi secukupnya, jangan berlebihan. Tidak semua efek animasi harus Anda gunakan. Gunakan 2-3 jenis animasi dalam satu presentasi. Kebanyakan animasi justru membuat presentasi Anda jadi tampak ‘ndeso’ :p

Kapan animasi sebaiknya digunakan?

  1. Saat transisi antar slide
  2. uraian jika akan dijelaskan poin per poin

Oke, sementara ini dulu yang bisa saya share kepada pembaca. Jika Anda memiliki masukan dan saran untuk tips Powerpoint ini, silakan menuliskannya di kolom komentarn.

Jangan lupa bagikan ya jika dirasa bermanfaat.