twitterTwitter merupakan salah satu platform microblogging yang paling laris saat ini. Pengguna layanan yang berbasis di Amerika ini sudah tercatat menembus lebih dari 500 juta pengguna. Dan Indonesia menempati pengguna terbanyak urutan ke 5 di dunia. Selain itu pengguna Twitter di Indonesia ternyata penyumbang 15% tweet yang ada. Begitu boomingnya Twitter di Indonesia membuat masyarakat berlomba-lomba memanfaatkan Twitter sebagai media untuk bersosial dan berbisnis. Pada tulisan ini , saya akan memaparkan keuntungan memiliki banyak follower  Twitter.

Networking Ala Twitter

Twitter merupakan platform jejaring sosial, setiap person terhubung dengan akun-akun lainnya. Hal ini berakibat jika kita memposting (tweet) sesuatu di Twitter, maka semua follower kita akan membacanya. Semakin banyak follower  semakin banyak  pula yang akan membaca tweet kita tersebut. Jika follower merasa tweet kita bermanfaat atau bernilai, maka follower kita akan meretweet kembali atau mencantumkan sebagai favorit tweet. Dengan begitu, setiap tweet kita tadi akan semakin meluas menyebar ke followernya follower kita. Bisa dikatakan mirip model MLM, dalam terminologi marketing ini dinamakan dengan viral marketing. Dengan adanya karakteristik tersebut, maka dengan memiliki banyak follower, kita dapat memanfaatkan Twitter untuk hal-hal berikut:

  1. Promosi bisnis. Semakin banyak follower kita, semakin besar efektifitas kita dalam melakukan promosi bisnis. Kita dapat menginfokan produk-produk terbaru yang ada di tempat kita atau memberi informasi diskon, dsb
  2. Meningkatkan pengunjung website. Bagi pemilik website, Twitter bisa digunakan untuk mempromosikan artikel yang ada di website kita.
  3. Meningkatkan Kredibilitas online. Meski tidak mutlak, kredibilitas seseorang atau produk bisa dilihat dari jumlah penggemarnya di dunia maya. Orang akan berfikir bahwa produk yang berkualitas pasti memiliki banyak penggemar.
  4. Berbagi ilmu. Bagi yang memiliki hobi berbagi tips, artikel, nasehat dsb, Twitter bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut. Giniloh.com juga memiliki akun Twitter yang membagikan tips bermanfaat setiap hari. Segera follow @gini_lho ya!
  5. Kampanye. Kampanye bisa dalam artian kampanye produk atau kampanye calon wakil rakyat.
  6. Meningkatkan Brand awarenes. Keberadaan sebuah brand bisa juga ditingkatkan melalui Twitter
  7. Media beriklan. Hampir sama dengan promosi bisnis, namun media beriklan yang dimaksud adalah, kita menjadikan Twitter kita sebagai media beriklan produk-produk lain.
  8. Menambah pertemanan/networking. Sebagaimana sifat jejaring sosial, kita bisa menambah pertemanan seiring dengan banyaknya jumlah follower kita

Ada Plus ada Minus

Selain ada manfaat plus yang bisa kita ambil pada Twitter, ada juga minusnya, maka sedikit akan kita kupas catatan-catatan agar menjadi perhatian kita bersama supaya aktifitas ngetweet kita lebih bermakna.

  1. Twitter merupakan sarana yang bebas nilai, nilainya bergantung untuk apa digunakan. Untuk itu mari manfaatkan twitter untuk berbagi hal-hal yang positif bagi sesama.
  2. Jaga kredibilitas, perhatikan apa yang akan kita tweet, sekali tweet menyebar maka susah untuk meng-undo kembali.
  3. Hindari penggunaan kata-kata kasar, sara, dan saru. 😉
  4. Ingat waktu. Ingat, Twitter menyebabkan ketergantungan, untuk itu penting diperhatikan soal waktu. Jangan sampai karena asyik ngetweet, pekerjaan jadi terbengkalai.
  5. Jangan anti sosial. Kecenderungan orang yang sudah keasyikan ngetwit, tidak peduli kapanpun dan dimanapun selalu ngetwit, apalagi dengan dukungan gadget yang semakin canggih. Boleh ngetwit, tapi jangan samapai anti sosial ya. Tetaplah eksis di dunia nyata, seeksis kita di dunia maya.

Nah, saya rasa tulisan ini sudah cukup menjelaskan apa saja manfaat yang bisa diambil dari Twitter, dan apa juga yang harus dihindari. Pada tulisan selanjutnya, insya Allah saya akan berbagi sedikit tips meningkatkan follower  Twitter. Tertarik?