Beberapa waktu lalu saya dimintai bantuan oleh sorang kawan di kantor untuk memasang driver printer pada komputernya. Katanya sudah dicoba berulang kali tapi selalu gagal. Akhirnya saya memeriksa sendiri dan memastikan apa yang terjadi. Ternyata benar pembaca, setelah saya coba meng-install beberapa kali hasilnya tetap sama, “device driver can not be installed” katanya. Akibatnya komputer tidak bisa mendeteksi printer tersebut.¬†Saya coba akali dengan menggunakan menu “Add Printer” yang terdapat pada Start > Devices & Printer, hasilnya pun sama. Yang terjadi justru muncul pesan error seperti ini.

spool

Akhirnya setelah berkonsultasi pada senior, penyebab kegagalan instalasi driver printer tersebut adalah masalah pada pengaturan spoolernya.

Solusinya bagaimana? Cukup ubah pengaturan print spooler pada komputer. Pengaturan Print Spooler terdapat di¬†Control Panel>System and Security>Administrative Tools>Services. Cari “Print Spooler” kemudian klik kanan lalu klik menu Properties. Setelah Print Spooler Properties muncul, ubah startup type menjadi Automatic kemudian klik Apply. Lihat gambar di bawah.

print_spooler

 

Sederhana, bukan? Setelah itu coba lakukan ujicoba. Semoga berhasil!