Cara Membuat Buletin Menggunakan Corel Draw

22 May 2013 Desain Grafis 25116 Kali  
cara-membuat-buletin-coreldraw

Cara Membuat Buletin dengan Corel Draw

Hai Pembaca, kali ini saya akan membahas cara membuat buletin menggunakan Corel Draw. Sebagaimana yang kita ketahui, buletin merupakan media massa yang murah dari sisi biaya produksi, namun tetap efektif serta mudah dalam pendistribusiannya. Biasanya buletin digunakan untuk menyebarkan informasi-informasi tidak terlalu padat. Menyesuaikan dengan ukuran buletin yang umumnya hanya sebanyak empat halaman.

Membuat buletin cukup mudah, pengetahuan dasar yang perlu Anda kuasai adalah mampu mengoperasikan software Corel Draw. Pada tutorial ini Anda akan saya pandu selangkah demi selangkah dengan bahasa yang mudah dipahami.

Oke, langsung unduh saja, ya PDF tutorial Cara membuat Buletin. Klik untuk mengunduh Cara Membuat Buletin Menggunakan Corel Draw. Jika ada pertanyaan atau kesulita, silakan tanyakan pada kolom komentar di bawah.

Update: Oh iya, sedikit tambahan tips dalam membuat buletin:

  1. Sebaiknya buletin didesain dengan sederhana namun tetap indah. Tidak perlu menambah elemen-elemen desain yang justru membuat penuh area buletin sehingga tidak nyaman dibaca.
  2. Ukuran huruf body berpatokan pada koran/surat kabar. Jika kurang dari itu berarti kekecilan, jika jauh lebih besar dari itu berarti telalu besar.
  3. Perhatikan jarak antar baris tulisan. Terlalu renggang jelek, terlalu padat juga jelek.
  4. Dianjurkan untuk memilih jenis font yang memiliki pengait semisal georgia, Times New Roman, Garamond yang memang dikhususkan untuk media cetak
  5. Beri sedikit ruang kosong atau white space. White space merupakan bagian dari elemen desain. Tujuannya agar isi buletin tidak penuh sesak dengan tulisan, sehingga mata juga memiliki kesempatan untuk beristirahat.
  6. Beri tambahan gambar yang relevan sebagai penguat pesan yang ingin disampaikan sekaligus sebagai pemanis buletin.
  7. Jika menggunakan gambar, pastikan resolusi gambar cukup besar sehingga tidak pecah pada saat produksi.
  8. Perhatikan jarak isi buletin dengan area potong kertas. Beri jarak yang cukup sehingga isi buletin terhindar dari potongan.
  9. Jika membuat buletin berwarna, pstikan warna yang digunakan adalah CMYK, bukan RGB. CMYK adalah standar warna untuk dunia percetakan, sedangkan RGB adalah standar warna untuk monitor.
  10. Jumlah halaman buletin harus berkelipatan empat.

Oke ini saja dulu dari saya, selamat mencoba.

 



Dapatkan update tips dan trik dengan me-like fan page Kami

Yuk diskusi!

Kalau kamu punya pengalaman, kesulitan, pertanyaan atau ingin berkomentar terkait artikel ini, sampaikan melalui form di bawah ini.

/div>